Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Kediri, (16/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia Budiman, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Nur Miftahul Fuad, M.Pd, Sawitri Wulansari, Oktora Irahadi, Akhmad Firmannamal, Ph.D dan Rizky Ardi Nugroho.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Literasi Digital Dimulai Dari Sekarang dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1765 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Sawitri Wulansari adalah mengenai mempromosikan budaya yang ada di Indonesia, salah satunya kita bisa menjadi food vlogger yaitu mengenalkan makanan-makanan khas Indonesia agar diketahui masyarakat luas. Bagaimana cara menjaga konsistensi dalam membuat konten kreatif tentang kuliner makanan yang ingin kita buat ? Dan sebagai pemula apa yang seharusnya kita lakukan untuk menjadi food vlogger ? Apa ada sasaran audiens tertentu ?

Sawitri Wulansari menerangkan,  “Apa yang kita posting sebenarnya mencerminkan personal branding. Ngga gampang juga kita harus ikutin proses yang ada ga cuman sekali, tapi niatkan itu untuk membagai informasi karena senang membagikan konten konten food vlogger, terapkan ATM amati, tiru, modifikasi dari food vlogger lainnya, tapi bukan berarti plagiat namun kita memodifikasi dengan ciri khas kita sendiri. Kalo ngommongin comment, tentunya pasti ada karena pasti ada aja orang yang tidak suka sama kita. Jadilah orang yang kreatif dan tetap dapat menginspirasi orang banyak, mulailah terlebih dahulu, jangan pernah takut dinilai jelek atau buruk oleh orang lain, hiraukan saja selama apa yang kalian lakukan merupakan kegiatan yang positif.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.