25 Juni 2024

Marketplus.id – Digitalisasi tak terhindarkan, arus informasi yang deras dengan relasi tanpa batasan geografis maupun jarak dengan keberadaan internet pun membawa perubahan besar dalam interaksi manusia. Budaya digital akhirnya mengalami berbagai tantangan, dengan tergerusnya sopan santun dan hilangnya budaya keramahtamahan Indonesia, serta kebebasan berekspresi yang kebablasan.

“Kita hanya melihat sosok-sosok di dunia maya dalam layar gadget, kesantunan makin menipis,” ujar Komite Komunikasi Digital Jawa Timur, dan Humas Universitas Bhayangkara, Fitria W Roosinda saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Jumat (26/7/2022).

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Tantangan lainnya tak kalah hebat, sikap toleransi juga berkurang di era digitalisasi yang lebih banyak bertemu di dunia digital. Ada pula pelanggaran hak cipta, di mana banyak kasus penggunaan logo menjadi bermasalah di tengah industri kreatif yang makin berkembang di era digital.

Batas privasi antar pengguna pun menghilang, sering kali banyak komentar dan status di media sosial yang bersifat pribadi namun dijadikan konsumsi publik karena kurang akan pengetahuan dari pengguna.

Kini juga muncul para content creator atau influencer di berbagai platform medsos. Berbagai macam berita dan informasi bisa ditemukan di dunia maya namun tidak semua informasi tersebut benar. Para pengguna pun diingatkan untuk lebih jeli dalam mengkurasi informasi dan memilih konten yang bermanfaat, bukan sekadar menghibur saja.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida, Wakil Koordinator Mafindo Jombang, Anik Nur Qomariah dan . Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *