Marketplus.idAnugerah Desa Wisata Indonesia 2023 merupakan salah satu program unggulan diKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Program ini dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desawisata (Jadesta) yang   merupakan website   resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Setelah sukses di tahun 2021 dengan 1.831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3.419 desa wisata, dan di tahun 2023 ini menjadi 4.573 Desa wisata terjaring dari Sabang sampaiMerauke.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berkelas Dunia Untukmenggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin ini merupakan program yang tepat sasaran dengan basic komunitasmasyarakat yang ada di desa, saya yakin jika kita bisa Beradaptasi, terus berkolaborasi dan  berupaya meningkatkan inovasi dari Desa wisata kita bisamembuka lapangan kerja yang luas dan saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapattercipta sampai tahun 2024. Dan akhirnya dari Desalah kita membangun indonesia,” kutip Menparekraf, Sandiaga Uno.

Desa Wisata Soinrat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara

Desa Wisata Soinrat merupakan salah satu dari 192 desa di Kabupaten Maluku Tenggara yang terletak di Kecamatan Kei Besar. Desa Soinrat dikenal juga dengan nama “Ohoi Soinrat“. Dikenal denganpotensi wisatanya, Ohoi Soinrat ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Maluku Tenggara.

Selain potensi wisatanya, akses ke Ohoi Soinrat juga sangat mudah. Dari Jakarta Bandara CGK menuju Bandara Pattimura, Ambon selama 3 Jam 40 Menit, dilanjutkan pesawat kembali menuju Bandara Langgur, -/+ 1 jam 10 menit. Lalu dari pusat Kota Langgur pengunjung bisa mengambil transportasi lautdari pelabuhan Watdek menuju pelabuhan Elat dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Dari Elat, sudahbanyak tersedia transportasi umum seperti ojek dan mobil angkutan menuju Ohoi Soinrat. Jaraknya 6 Kmdari Elat atau 10 menit perjalanan. Total waktu perjalanan dari Ibukota Jakarta -/+ 6 jam 10 menit.

Desa Wisata Soinrat berbatasan dengan beberapa desa, sebelah utara berbatasan dengan desa Bombay dan Wermaf, sebelah selatan berbatasan dengan desa Ngurdu dan sebelah timurberbatasan dengan desa Fako. Ohoi Soinrat masuk pada kawasan adat Hoar Ngutru.

Penduduk Desa Wisata Soinrat berjumlah 440 jiwa yang terbagi dalam 195 KK dengan jumlah penduduklaki – laki sebanyak 211 jiwa dan perempuan sebanyak 245 jiwa. Rata – rata penduduk Desa Wisata Soinrat bekerja sebagai petani dan nelayan, selain itu ada juga PNS dan pensiunan.

Penduduk Desa Wisata Soinrat menggunakan Bahasa Indonesia lebih tepatnya Melayu Ambon sebagaiBahasa percakapan sehari-hari dan juga menggunakan Bahasa Kei atau Bahasa tradisional suku kei,dan rata – rata memeluk agama Kristen Katolik.

Daya Tarik Ohoi Soinrat

Dikenal dengan potensi wisatanya, Ohoi Soinrat ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Maluku Tenggara. Dan menjadi satu-satunya Desa Wisata di Maluku Tenggara yang terpilih masuk jadi 75 DesaWisata Terbaik ADWI 2023.

Soinrat memiliki bentang alam yang lengkap, dari Bahari, perbukitan, air terjun, aneka ragam burung khas bahkan langka hingga kampung adat yang kental seni budayanya. Bukan hanya itu, hutan desa wisata soinrat juga menyimpan berbagai burung endemic khas kepulauan Kei bagi para pecinta burung dari seluruh dunia. Berikut adalah keunggulan daya tarik pengunjung di Soinrat.

Bird Watching

Wisata minat khusus ini juga dapat ditemukan di Desa Wisata Soinrat. Area hutan yang masih asri menjadi rumah bagi berbagai jenis burung endemik, sehingga menjadi incaran bagi banyak groupburung dunia seperti: likes Tours, Bird tour Asia, Bird Guest, Wings Tour, Banking Tour, Indecon Tour.

Desa wisata Soinrat selain memiliki burung-burung endemik juga dapat di jumpai flora dan fauna termasuk insect atau serangga, yang masuk dalam catatan naturalis Alfred Wallace, yang menariknya ada juga beberapa bird watcher peringkat 10 dunia yang datang berkunjung ke desa wisata Soinrat.

Beberapa jenis burung yang sering dicari di desa wisata Soinrat Great Kei White Eye, Kai Island Coucal, KaiIslands Pygmy Parrot, Kei Monarch dan masih banyak lagi.

Air Terjun Ai Moun Ni Ohoi (15 K)

Air terjun Ai Moun Ni Ohoi terletak di sebelah timur Desa Wisata Soinrat. Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter. Berada pada area hutan, untuk mencapai air terjun ini ada beberapa jalur yangbisa ditempuh. Debit air di air terjun ini tergantung curah hujan dan akan menjadi sangat deras pada saat musim penghujan dan akan kering pada musing kemarau.

Jalur pertama adalah “Dalam Kampung” dimana perjalanan dimulai dari area dalam kampung menelusuri sungai dengan waktu tempuh 30 menit. Selain itu ada juga jalur kedua “Wulur Ohoimas” dan Jalur ketiga “Jembatan Satu”. Banyak spot foto menarik di sepanjang jalan menuju air terjun, banyak juga dijumpai air terjun kecil dengan pemandangan alam yang masih asri dengan hutan bambu dan pepohonan yang tinggi.

Pulau Karodi

Pulau kecil yang berlokasi tepat di depan Ohoi Soinrat ini dapat ditempuh hanya 5 menit denganspeedboat kecil. Pulau ini memiliki pantai berbatu, sabana, dan taman laut yang indah. Pulau karodi telah mengalami abrasi selama bertahun – tahun di bagian belakang pulau sehingga bisa menjumpai dinding bebatuan cadas yang tersusun rapih di bagian belakang pulau Karodi. Di pulau Karodi sudahdibangun beberapa fasilitas berupa Toilet dan ruang ganti, Kantin, 4 gasebo atau dikenal dengannamanya “Sar” oleh masyarakat local, dan beberapa set tempat duduk di seputaran area pantai. Disekitar pulau Karodi juga terdapat spot snorkeling.

Konde Merah

Konde Merah berada di area perbukitan yang menawarkan pemandangan keindahan laut serta pulau -pulau kecil seperti Pulau Kelapa, Pulau Ivat, Pulau Karodi, dan Pulau Karodi. Berfoto menjadi kegiatan wajib jika berkunjung kesini. Lokasinya yang berada pada area ketinggian menjadikan konde merah salah satu spot terbaik menikmati indahnya matahari tenggelam di Ohoi Soinrat. Kedepannya area iniakan dibungun Cafe dan usaha pariwisata milik Desa Wisata Soinrat.

Danau Tahaiko

Danau Tahaiko terletak di Hutan Desa Wisata Soinrat dan dapat ditempuh berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Danau Tahaiko merupakan mata air dari sungai yang melewati Desa Wisata Soinrat serta air terjun ai moun ni ohoi. Danau ini ditumbuhi banyak pepohonan sagu di sekitarnya. Berdasarkan cerita rakyat danau ini merupakan kampung tua yang bernama Ohoifamas

Festival Weer Warat

Weer Warat atau Tarik tali adalah metode penangkapan ikan tradisional yang telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Kei. Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat Mei Kei/ Met Ev di bulan Oktober sampai November.

Pasang surut air laut menjadi point pertimbangan. Dengan memanfaatkanbentangan janur kuning yang dililitkan pada barang rotan sebagai tali, masyarakat akan Bersama-samamenarik tali tersebut dari laut. Penggunaan janur kuning bertujuan untuk menarik perhatian dan memudahkan proses menghalau ikan.

Tradisi Yail Vat Morlean

Yail Vat Morlean ialah tradisi pengenalan perempuan dari luar Desa Soinrat yang menikah dengan pria dari Ohoi Soinrat. Tradisi ini dilakukan dengan mengarak perempuan tersebut mengelilingi desa dengantujuan memperkenalkan calon anggota baru ke desa dan leluhur serta dan mengenalkan desa kepadaanggota baru.

Temar Rubil (Tari Panah)

Tarian panah atau tarian Temar Rubil yang dalam Bahasa Kei berarti busur anak panah, tarian ini ditarik oleh laki-laki dengan menggunakan tombak, busur serta anak panah, Tarian ini biasanya diiringi alat musik tradisional berupa tiva, seruling dan gong. Tarian ini ditarikan mengenang perjuangan nenekmoyang kei pada zaman perang.

Homestay & Toilet

Bagi pengunjung yang berwisata ke Desa Wisata Soinrat, terdapat banyak sekali penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, sarapan pagi dan makan- makanan khas DesaSoinrat.

Beberapa homestay diantaranya adalah, Homestay Soinrat, Mama Ima, Damiana, Mama Bunga, MamaMia dengan rate mulai dari 150 K per malam (bisa untuk 6 orang)

Fasilitas umum di Desa Wisata ini sudah cukup baik seperti toilet bersih yang dibangun dan dikelola olehKelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan warga.

Suvenir

Beragam suvenir tersedia di sini sekaligus edukasi pembuatannya. Dari embal, kerajinan dari anyamanbambu, olahan minyak kelapa, sampai kuliner khas dari olahan laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *